Wednesday, February 3, 2010

Good Corporate Governance

GCG (Good Corporate Governance banyak diartikan sebagai salah satu bentuk pengelolaan suatu lembaga/institusi/organisasi swasta maupun pemerintahan secara baik dan layak, sesuai kaidah dan standar yang berlaku. Pengelolaan di sini menyangkut pengelolaan organisasi, kelembagaan, SDM, Sistem, dan tentunya keuangan sehingga menciptakan corporate culture yang baik. Semua anggota/karyawan/manajemen dari lembaga itu merasa enak, nyaman, puas, adil dan terberdayakan potensinya, sehingga secara bersama-sama akan memajukan lembaga tersebut.

Namun, gambaran ini kok seperti ada di dunia ideal yah? Apa kira-kira ada organisasi/lembaga yg benar-benar bisa menerapkan konsep GCG ini? Gambaran ideal memang akan selalu INDAH. Yang penting adalah, bagi setiap organisasi kalo ingin bertahan lama dan berkembang makin besar, harus sekuat tenaga untuk mencapai gambaran ideal tersebut. Pertanyaannya: Siapa yg bertanggung jawab untuk itu?

Lingkungan, suasana, kebiasaan, sistem dan tata nilai yg berlaku di organisasi akan membentuk Corporate Culture. Sehingga setiap orang yg menjadi anggota atau berada dalam organisasi itu jelas bertanggung jawab. Akan tetapi yg paling penting adalah, harus dimulai dari jajaran Pimpinan dan manajemen untuk memulai dan memiliki political will yg kuat untuk memajukan organisasinya...

3 comments:

Unknown said...

Dear Sugiyono,

Thank you for your blog it is very interesting for someone who is trying to learn about Indonesian decentralisation. I wonder if you know if there is any district level spending data available to access.

I have looked on http://www.djpk.depkeu.go.id/
but cannot translate the page well enough to find the data. Do you have any ideas?

Aryo Seto Bomantari said...

Sangat setuju Pak Sugiyono, karena dalam budaya kita figur pimpinan masih sangat berpengaruh dalam membangun budaya kerja korporasi. Jadi pemimpin mesti harus "Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madyo Mangun Karso, Tutwuri Handayani". Semboyan itu masih sangat relevan.

aryoseto
http://www.keuangandaerah.com

lintas-news said...

PROGRAM PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PENYELENGGARAAN URUSAN.... Tulisan itu ada pada setiap awal RAPBD SKPD. Tapi apa implementasinya. Di saat para eksekutif naik mobil mewah, makan, minum bahkan buang hajat pake biaya negara. Di saat rakyat mengais rejeki 50-100 ribu. Mengais rejeki pagi untuk makan sore hari. Di saat itu pula tega2nya para eksekutif menzolimi rakyat. Perda, SKgub dan segala peraturan dipakai unutk menjadi pedang untuk memancung kehidupan rakyat. What's something wrong about my country?....