Wednesday, February 3, 2010

Gaji naik lagi...!!

Setiap akhir tahun anggaran, dan menjelang awal tahun anggaran, setiap anggota PNS pasti berdebar-debar, harap-harap cemas. Mereka semua menunggu Kebijakan pemerintah (Menteri Keuangan) apakah anggaran untuk belanja pegawai (Gaji) naik atau tidak. Dan biasanya, setiap tahun selalu naik, walaupun kadang kenaikannya tidak begitu berarti untuk biaya hidup yg lebih layak.

Dilemanya adalah, "apa benar kalo gaji PNS naik trus diikuti dengan kinerja yang meningkat?"
Hal ini yg sering menjadi pertanyaan banyak pihak. Apalagi jika mental (moral) PNS masih pro terhadap KKN, korupsi, kesempatan, pungli, angpaw, pelicin, uang duduk, dan sejenisnya. Berapa pun besar % naiknya gaji PNS, kalo moralitas masih seperti ini, rasanya akan sangat BERAT untuk bisa meningkatkan produktivitasnya. Malah anggaran pemerintah yang keluar/bocor/in efficiency akan semakin besar.

Logika dan harapannya adalah ketika gaji naik, pelayanan pemerintah akan meningkat, kinerja akan meningkat, korupsi dkk akan menurun. Namun ingat, jika moralitas PNS juga tidak dianggarkan untuk dinaikkan (UPGRADE) maka hasilnya akan sama saja, sami mawon.

Bagaimana cara meng-UPGRADE mental dan moralitas PNS...?? any ideas...???

No comments: